Kader Desa Poncosari Menuju Kader Siaga Desa

Kamis Pon, 23 Januari 2020 14:08 WIB ∼ 208

Foto Berita

PoncoWarta - Bertempat di ruang rapat dukuh Kantor Desa Poncosari Selasa (21/01/2020), Pemerintah Desa Poncosari bekerjasama dengan Bidan Desa dan Puskesmas Kecamatan Srandakan mengadakan pertemuan para Kader tiap Dusun Desa Poncosari.

Dihadiri oleh Perwakilan dari Puskesmas Kecamatan Srandakan, Bidan Desa Poncosari, Kasi Pelayanan Desa Poncosari dan seluruh Kader Dusun Desa Poncosari acara pertemuan di mulai pada pukul 09.00 WIB.

Sambutan dari Wahyu Ika Nurrini, SE selaku Kasi Pelayanan Desa Poncosari mengucapkan terimakasih kepada para narasumber dan para undangan yang telah menghadiri acara dan berharap kegiatan acara dapat lancar sesuai yang diharapkan.

Sambutan dari Dr. Dewi perwakilan dari Puskesmas Kecamatan Srandakan selaku narasumber yang pertama menjelaskan tentang "Pengembangan Desa Siaga". Beliau menjelaskan tentang Desa Siaga yang berharap bahwa Desa Poncosari ini adalah desa yang memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan (bencana & kedaruratan kesehatan) secara mandiri. Secara umum, tujuan pengembangan desa siaga adalah terwujudnya masyarakat desa yang sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya.

Sambutan dari Endang Pusparini selaku narasumber kedua menjelaskan tentang materi pencegahan stunting dengan PMBA. PMBA merupakan singkatan dari Pemberian Makan pada bayi dan Anak adalah pola pemberian makan yang tepat untuk mendukung pertumbuhan ppada anak secara optimal. Ada beberapa ruang lingkup dalam PMBA, yaitu :

  1. IMD (Inisiasi Menyusui Dini),
  2. Pemberian ASI eksklusif,
  3. Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) mulai usia 6 bulan dan lanjutkan ASI sampai usia 2 tahun,
  4. Pemberian ASI dalam situasi darurat,
  5. ASI dalam situasi khusus.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, para kader Desa dapat lebih mengetahui tentang ilmu yang ada dalam materi yang telah disampaikan tersebut.(Sumber:Web Desa Poncosari)


Puskesmas
di Kecamatan Srandakan

Puskesmas Srandakan

Puskesmas Srandakan

Jl. Raya Srandakan No.96, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 6464815

Komando Rayon Militer Srandakan

Koramil / Komando Rayon Militer Srandakan

Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul

Kepolisian Sektor Srandakan

Polsek / Kepolisian Sektor Srandakan

Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7490104

Kantor Urusan Agama Srandakan

KUA / Kantor Urusan Agama Srandakan

Pondok, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7100860