Pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian Kepada Kelompok Wanita Tani Multisari

Rabu Wage, 28 April 2021 20:33 WIB ∼ 118

Foto Berita

Pada hari Rabu, 28 April 2021 telah dilaksanakan kegiatan pelatihan pengolahan hasil pertanian terhadap Kelompok Wanita Tani (KWT) Multisari. Kegiatan ini adalah yang pertama kali dilaksanakan oleh KWT Kalurahan Poncosari tersebut. Pada pelatihan kali ini, bahan yang coba dimanfaatkan adalah pepaya, pisang, dan nanas. Berbagai jenis buah yang mudah ditemui tersebut diolah sedemikian rupa oleh para ibu-ibu yang tergabung dalam KWT Multisari. 

Salah satu bentuk olahannya ialah permen pepaya. Permen pepaya ini dibuat menggunakan sari-sari buah pepaya yang ditanam oleh anggota KWT. Permen pepaya tersebut dibuat menjadi warna-warni sehingga sangat menarik. Pemanfaatan buah pepaya tidak berhenti pada pembuatan permen saja, buah pepaya yang tersedia dari pembuatan permen tersebut dimanfaatkan kembali menjadi kerupuk pepaya. Hal ini merupakan inovasi yang sangat brilian. Pengolahan pepaya tersebut dinilai dapat meningkatkan nilai jual dari buah yang sangat mudah ditemui di masyarakat tersebut.

Tidak hanya pepaya, pisang juga diolah dalam kesempatan kali ini. Dalam hal ini pisang diolah menjadi keripik pisang yang renyah. Tidak hanya dilatih dalam mengolah bahan, pada kesempatan ini para anggota juga diajari cara mengemas produk.

Pelatihan ini dipimpin langsung oleh anggota KWT Multisari itu sendiri, yakni Sujiyem, Jumirat dan Sutran. Dengan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian anggota KWT kedepannya. 


Puskesmas
di Kapanewon Srandakan

Puskesmas Srandakan

Puskesmas Srandakan

Jl. Raya Srandakan No.96, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 6464815

Komando Rayon Militer Srandakan

Koramil / Komando Rayon Militer Srandakan

Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul

Kepolisian Sektor Srandakan

Polsek / Kepolisian Sektor Srandakan

Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7490104

Kantor Urusan Agama Srandakan

KUA / Kantor Urusan Agama Srandakan

Pondok, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7100860