Sosialisasi Banpem (Bantuan Pemerintah) Kedelai Tahun 2021 dan CPCL (Calon Petani Calon Lokasi) Tahun 2022 di Kapanewon Srandakan

Rabu Kliwon, 10 November 2021 04:38 WIB ∼ 216

Foto Berita

Diadakan acara Sosialisasi Banpem (Bantuan Pemerintah) Kedelai Tahun 2021 dan CPCL (Calon Petani Calon Lokasi) Tahun 2022 di Kapanewon Srandakan (09/11).

Mengingat Indonesia adalah negeri yang cukup familiar dengan tahu dan tempe serta pangan lainnya berbahan baku kedelai, tentunya kebutuhan kedelai meningkat setiap tahunnya seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bantul bermitra dengan Java Agro Prima (JAP) berupaya untuk meningkatkan produksi kedelai dalam negeri di wilayah Kabupaten Bantul dengan terus melakukan sosialisasi agar petani tertarik untuk menanam kedelai.  Pada tahun 2022 tersedia Bannpem kedelai  untuk 750 Ha se Kabupaten Bantul. Stimulus yang diberikan berupa Banpem kedelai full paket dari mulai bibit, pupuk, pemasaran sampai pendampingan. Varietas kedelai yang ditawarkan adalah varietas unggul jenis Grobogan dan Anjasmoro.

 Adanya kemitraan antara Pemerintah Daerah dengan JAP diharapkan akan memperbaiki sistem pertanian dari hulu ke hilir karena adanya jaminan pasca panen, harga layak dan JAP siap menurunkan benih kedelai mandiri manakala ada keterlambatan Banpem. Dengan adanya Banpem kedelai akan mengurangi biaya produksi serta dapat meningkatkan hasil panen. Sehingga, petani kedelai lebih diuntungkan dan ketergantungan terhadap impor kedelai pun berkurang.

Lebih lanjut Panewu Srandakan, Sarjiman SIP,ME mendukung program Banpem kedelai ini dan berharap para petani di Srandakan banyak yang berminat dalam memanfaatkan program tersebut. Mengingat wilayah Srandakan sendiri cukup banyak industri tahu dan tempe yang tentunya membutuhkan banyak bahan baku kedelai.

 


Puskesmas
di Kapanewon Srandakan

Puskesmas Srandakan

Puskesmas Srandakan

Jl. Raya Srandakan No.96, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 6464815

Komando Rayon Militer Srandakan

Koramil / Komando Rayon Militer Srandakan

Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul

Kepolisian Sektor Srandakan

Polsek / Kepolisian Sektor Srandakan

Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7490104

Kantor Urusan Agama Srandakan

KUA / Kantor Urusan Agama Srandakan

Pondok, Trimurti, Srandakan, Bantul
(0274) 7100860